Yuk Intip John F Kennedy, Presiden ke-35 AS

Pada 22 November 1963, ia tertembak 2x pada leher serta kepalanya. Sekejap dibawa ke rumah sakit paling dekat, ia dikatakan wafat. John F Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, jadi orang termuda serta pengikut Katolik Roma pertama yang dipilih untuk memegang bangku nomor satu di negeri itu. Sampai sekarang, beberapa sejarawan menilainya jadi salah satunya profil presiden yang di cintai selama riwayat AS. Awal kehidupan Lahir pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts, John Fitzgerald Kennedy adalah anak ke-2 dari sembilan bersaudara. Orangtuanya, Joseph serta Rose Kennedy adalah keluarga kaya serta terpandang di Boston.

Simak juga : contoh teks biografi singkat

Sang ayah profesinya jadi bankir yang sukses membuat keuntungan di pasar saham sesudah Perang Dunia I. Selanjutnya, ia meneruskan profesi dalam pemerintah jadi ketua komisi sekuritas serta transisi, dan jadi duta besar untuk Inggris. Simak juga: Biografi Tokoh Dunia: Ferdinand von Zeppelin, Pencipta Pesawat Balon Udara Kennedy yang sering dipanggil Jack ini tempuh pendidikan di sekolah swasta seperti Canterbury serta Choate. Sesudah lulus dari Choate serta habiskan satu semester di Princeton, Kennedy geser ke Kampus Harvard pada 1936. Tampan, menarik serta memiki senyum manis, Kennedy benar-benar terkenal antara rekan-rekan sekelasnya di Harvard. “Jack lebih menyenangkan dibanding siapa juga yang pernah saya mengenal, serta saya fikir banyak orang yang mengenalnya rasakan hal sama mengenai ia,” tutur satu orang temannya, Lem Billings. Kwame Nkrumah bersama dengan Presiden AS John F Kennedy.(WIKIPEDIA/JOHN F KENNEDY PRESIDENTIAL LIBRARY AND MUSEUM) Gabung angkatan laut Kennedy masuk dengan Angkatan Laut AS pada 1941, serta dua tahun selanjutnya dikirim ke Pasifik Selatan. Ia memperoleh penghargaan atas perbuatannya menolong crew yang terdampar di Kepulauan Solomon. Tetapi, kakak Kennedy, Joseph Kennedy Jr, yang masuk di AL, terbunuh saat pesawatnya meledak pada Agustus 1944. Simak juga: Biografi Tokoh Dunia: Jawaharlal Nehru, PM Pertama India Walau sebenarnya, Joseph diinginkan jadi presiden AS seterusnya. Selanjutnya, orang-tua Kennedy inginkan ia melanjutkan yang diimpikan itu. Tinggalkan AL menjadi jurnalis pada 1944, Kennedy pada akhirnya menyiapkan diri maju dalam penentuan Kongres pada 1946. Dengan di dukung Partai Demokrat serta kekayaan ayahnya, ia memenangi penentuan.

Artikel Terkait : teks biografi

 

Pada umur 29 tahun, ia demikian mengundang perhatian dengan tampilan mudanya serta bergaya enjoy. Kennedy berjumpa dengan wanita bernama Jacquline Bouvier dalam suatu pesta serta mengajaknya kencan. Selanjutnya, keduanya menikah pada 12 September 1953 serta mempunyai tiga anak. Presiden muda Pada 1960, Kennedy menggandung pemimpin Senat Lyndon B Johnson menantang Wakil Presiden AS Richard Nixon dalam penentuan umum. Dalam rangkaian debat nasional yang ditayangkan di tv, Kennedy menaklukkan Nixon dengan tampilan enjoy serta semangat. Pada 8 November 1960, ia menaklukkan Nixon hingga membuatnya jadi presiden ke-35 AS. Dipilihnya pria berumur 43 tahun jadi presiden mencatatkan beberapa riwayat, seperti presiden termuda ke-2 sesudah Theodore Roosevelt yang menempati jabatan itu pada umur 42 tahun. Ia presiden pertama AS yang berpedoman Katolik serta presiden pertama yang lahir pada era ke-20. Simak juga: Biografi Tokoh Dunia: Pierre Curie, Fisikawan Periset Radioaktivitas Waktu dikukuhkan pada 20 Januari 1961, ia mengemukakan cuplikan yang terus dikumandangkan ke penjuru dunia sampai sekarang. “Jangan bertanya apa yang dapat negara beri untuk Anda. Tetapi, tanyakanlah apa yang dapat Anda beri untuk negara,” katanya. Pada tahun pertamanya kerja jadi presiden, ia mengamati peluncuran Peace Corps, yang kirim relawan muda ke negara terbelakang ke penjuru dunia. Pada 17 April 1961, Kennedy memerintah serangan yang nantinya dinamakan “Invasi Teluk Babi”. Presiden John F Kennedy bersama dengan istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally serta istrinya Nellie Connally berkendara bersama dengan di Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy. (Daily Mail) Pembunuhan Pada 22 November 1963, Kennedy serta istrinya datang di Dallas. Dari bandara, rombongan presiden selanjutnya lakukan perjalanan dengan iringan mobil ke Dallas Trade Mart. Tidak lama sesudah jam 12.30 siang, saat iringan mobil itu melalui pusat kota Dallas, suara shooting terdengar. Kennedy terserang 2x shooting pada leher serta kepala. Ia dikatakan wafat tidak lama sesudah datang di rumah sakit paling dekat. Lee Harvey Oswald (24), satu orang partisipan Rusia, diamankan atas sangkaan pembunuhan pada Kennedy. Tetapi, ia ditembak mati dua hari selanjutnya oleh pemilik club malam lokal Jack Ruby, saat diperjalanan ke arah penjara. Simak juga: Biografi Tokoh Dunia: Mustafa Kemal Ataturk, Pendiri Republik Turki Kematian Kennedy (46) jadi tragedi nasional. Keganjilan dalam kejadian pembunuhan itu, memetik beberapa teori konspirasi yang masih diperdebatkan sampai sekarang. Pada 26 Oktober 2017, Presiden Donald Trump memerintah launching 2.800 dokumen berkaitan pembunuhan Kennedy. Tetapi, ia tidak meluncurkan semua dokumen karena FBI, CIA, serta instansi lain diberitakan sukses melobi untuk mengevaluasi kembali materi yang benar-benar peka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s